Anggota DPR RI Didampangi Bupati PALI Giat Panen Perdana Budaya Ikan Lele Sistem Bioflok Program Aspirasi

Pali  DO.co.id Panen perdana kolam Lele bioflok di Dusun 1 Desa Betung Induk Kecamatan Abab Kabupaten Pali Provinsi Sumatera Selatan Indonesia  berjalan lancar, Rabu (10/08-2022) Panen Raya Budaya Ikan Lele Sistem Bioflok Program Aspirasi Anggota DPR RI ibu Hj Sri Kustina Heriamalindo Komisi IV Dapil 2 Sumsel

Panen perdana ini dilakukan oleh Hj Sri Kustina Heriamalindo anggota DPR RI dapil 2 Provinsi Sumatera Selatan dari partai NasDem dan di dampingi Bupati PALI Dr Ir H Heriamalindo MM,
Anggota DPR RI itu luapkan rasa bangga Ibu Hj Sri Kustina Heriamalindo, anggota DPR – RI dari partai NasDem ini tidak dapat disembunyikannya. Karena Pokdakan ‘Usaha Bersama yang di ketuai Rusman sebagai penerima program aspirasi anggota DPR RI sudah melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan ada inovasi baru.

Dikatakan Rusman Ada 4 hal baru yang menjadi perhatian  di Pokdakan Usaha Bersama ini yaitu resiko kematian bibit ikan hanya dibawah 10%, sementara standart program secara nasional adalah resiko kematiannya 18,6%. Pemberian pakan buatan (pelet) hanya 1/3 jatah karena ada pakan alami tersedia. 
Untuk panen biasanya butuh waktu 3 bulan, tapi dengan sistem yang digunakan ujar Rusman 

Lanjut Rusman hanya membutuhkan waktu 2,5 bulan sudah bisa panen dengan besaran ikan yang lebih beratnya.Untuk pasar Rusman mengatakan sudah mengatur demgan rapi sehingga saat panen tidak ada kendala pasar. Hal ini karena sebagai peternak ikan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pasar. Sehingga saat panen tidak ada kendala pemasaran.

Hal ini menjadi perhatian Hj Sri Kustina Heriamalindo anggota DPR RI karena ‘ilmu’ ini bisa ditularkan/ dicontoh peternak ikan lele yang lain. Dengan sistem ini tentunya akan memberikan keuntungan lebih bagi peternak ikan lele.
 Saya akan sampaikan hal ini kepada Dinas Perikanan Kabupaten Pali Ini bagus sekali dan biar menjadi masukan. program ini nantinya bisa menambah penghasilan para pondokan usaha bersama ini dan diarahkan kepada masyarakat lainnya nantinya jika ini usaha ini maju

Sedangkan seperti wilayah Kabupaten Pali di Betung Induk tidak punya laut. Dan hasil saya ‘mbengok’2 adalah program kolam bioflok ini. Tahun depan lebih maju lagi   program seperti ini di dapil saya” jelasnya

Saya selalu menekankan dan berharap, berkeinginan agar petani jangan berada di derajat rendah. Tapi dengan program pemerintah bisa naik ke derajat yang lebih tinggi terutama dalam perekonomiannya.

hal yang bisa saya ambil dan lakukan. Yaitu pertama, Komunikatif untuk saling asah, asih dan asuh. Kedua, Kritis atau jangan hanya puas dengan prinsip ‘ nerimo ing pandum’. Ketiga adalah Kreatif dan keempat adalah kompetetif” kata Sri Kustina

Tampak Hadir di acara ini anggota DPR RI dari partai NasDem Dapil 2 Hj Sri Kustina Heriamalindo Bupati PALI Dr Ir H Heriamalindo MM OPD Kabupaten Pali tokoh masyarakat dan tokoh adat tokoh agama juga undangan lainnya

Rusman sebagai ketua Pokdakan Usaha Bersama menjelaskan keberhasilan program yang dilaksanakan ini kuncinya adalah penggunaan Prebiotik alami yang dibuat dari rempah rempah alam.

Dengan khasiat inti yaitu memperbaiki sistem pencernaaan ikan dan mencegah ikan terjangkit penyakit. Dengan sistem ini ada penghematan biaya senilai Rp 700 ribu/ 1000 ekor.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Hj Sri Kustina Heriamalindo yang sudah memberikan program kolam bioflok ini. Juga Pak Wahab yang selalu mendampingi dan mensupport sehingga kami semakin bersemangat untuk budidaya ikan.

Demikian juga kepada Pak Bupati PALI Dr Ir H Heriamalindo MM yang berkenan hadir untuk panen perdana ikan lele bersama kami, kami haturkan banyak terima kasih” kata Rusman dalam sambutannya.

Bupati PALI Dr Ir H Heriamalindo MM juga mengapresiasi keberhasilan Pokdakan Usaha Bersama yang sudah melaksanakan dengan baik program yang diterimanya.

Dan mewakili pemerintah kabupaten Pali menyampaikan terima kasih kepada semua yang sudah mendukung Kabupaten Pali Bangkit melalui program program pemerintah yang di berikan untuk masyarakat Pali Khusus di Desa Betung Induk Kecamatan Abab ini yang lebih baik.

Acara dilanjutkan dengan ibu Hj Sri Kustina Heriamalindo dan di dampingi Bupati PALI Dr Ir H Heriamalindo MM bersama giat panen lele perdana secara simbolis dari kolam bioflok. Ada 6 kolam lele program Bioflok yang setiap kolam berisi 4000 ekor ikan. Jadi total ada 24.000 ekor ikan yang bisa dipanen hari itu.(sr95)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama