Gedung SDN 28 Talang Ubi Nyaris Roboh

Pali dO.co.id Fasilitas pendidikan tentunya sangat menentukan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan proses belajar mengajar. 

Bagaimana para anak didik dan guru bisa fokus melakukan proses belajar mengajar jika fasilitas sekolah saja sangat memperhatikan bahkan menjadi bom waktu yang bisa saja mengancam keselamatan para murid dan guru di sana. 

Uraian tersebut adalah terkait bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 28 Talang Ubi. Yang terletak di Kelurahan Simpang Raja Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sangat memprihatinkan.

Gedung yang di bangun puluhan tahun silam kini sudah sangat rusak parah bahkan sangat mengancam keselamatan siswa dan guru dalam melaksanakan proses belajar dan mengajar, karena pada bagian atap bangunan sudah rapuh dan nyaris roboh.

Padahal pemerintah kabupaten Pali beberapa tahun ini sangat fokus terhadap pembangunan infrastruktur jalan, kesehatan dan dunia pendidikan di bumi Serepat serasan. Namun sayangnya sekolah yang berada di gerbang masuk menuju ibu kota pendopo kabupaten Pali ini seperti tanpa perhatian.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga kelurahan Simpang Raja Berri (45) Selasa, (20/02/2023) dijelaskan kalau melihat dari fasilitas yang ada di SD Negeri 28 Talang Ubi ini sangat memperihatinkan dan seperti tidak ada perhatian dari instansi terkait. 

" Sangat perihatin melihat sekolah ini, padahal Simpang Raja ini merupakan gerbang masuk menuju ibu kota kabupaten Pali " Ungkapnya 

" Lanjutnya, bahkan yang lebih mirisnya lagi untuk membangun pagar sekolah ini saja kami bersama warga lainnya bergotong royong. 

" Padahal banyak sekolah lain yang di bangun oleh pemerintah Kabupaten Pali, tapi untuk SD Negeri 28 Talang Ubi ini seperti dianak tirikan " 

" Apa mau ambruk dulu gedungnya dan banyak korban baru pemerintah kabupaten Pali mau membangunnya " Sembung nya

" Kemana instansi terkait yaitu dinas pendidikan kabupaten Pali, Tentunya sangat perihatin melihat bangunan sekolah yang merupakan di dalam ibu kota kabupaten Pali saja seperti ini, tanpa ada perhatian " Cetus nya

" Terpisah ketika dikonfirmasi di kediamannya Ketua Komite SD Negeri 28 Talang Ubi Megi, menjelaskan terkait permasalahan bangunan gedung yang sudah rusak tersebut pihaknya dari Komite Sekolah sudah beberapa kali mengajukan proposal minta kepada instansi terkait supaya bisa membangun gedung tersebut, namun hingga saat ini belum ada respon dan tanggapan. 

" SD Negeri 28 Talang Ubi ini selama berdirinya Kabupaten Pali belum pernah tersentuh pembangunan. 

" Kami sudah beberapa kali mengajukan proposal ke dinas pendidikan kabupaten Pali, bahkan proposal kami tersebut sudah di tanda tangani oleh bupati kabupaten Pali. Namun sayangnya pihak dinas pendidikan kabupaten Pali tidak ada respon dan tanggapan " Jelasnya

" Terakhir ada pembangunan ruang guru pada tahun 2012 lalu waktu masih bergabung dengan Kabupaten Muara Enim " Sambungnya

Bukan hanya untuk gedung yang nyaris roboh, tapi sekolah SD Negeri 28 Talang Ubi ini juga tidak memiliki pagar permanen, saat ini pagar yang ada itu hasil gotongroyong kami dengan menggunakan kayu. 

" Gedung sudah tidak layak, pagar tidak ada, bahkan lapangan upacara saja tidak bisa di gunakan untuk upacara bendera jika hujan berlumpur " Ungkapnya

Bahkan terkait permasalahan ini, saya sebagai Komite Sekolah saja sudah beberapa kali mau menghadap kepala dinas pendidikan, namun tidak perna ada di kantor. 

" Lebih mudah menghadap Pak Bupati Pali dari pada mau menghadap kepala dinas pendidikan kabupaten Pali jarang ada di kantor " Cetus nya kesal

Lanjutnya, terkait permasalahan ini dirinya meminta kepada Bupati Kabupaten Pali Bapak Dr. Ir. H. Heri Amalindo. MM supaya bisa membangun gedung SD Negeri 28 Talang Ubi ini.

" Mungkin pak Bupati Pali tidak tahu kenerja bawahannya " 
Kami sangat berharap pada Pak Bupati Pali supaya bisa membangun sekolah SD Negeri 28 Talang Ubi ini, bukan hanya gedung ruang kelas, tapi pagar dan pengecoran lapangan upacara sehinga murid bisa melakukan kegiatan sekolah dengan nyaman " Harapnya

#TimBerita

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama