Merinding !! Tangan Dingin Sang Legenda, Hantarkan Anak Desa Guncangkan Dunia.

Muara Enim Dutaonline co.id

Tri Achmadi pemuda Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas, Mahasantri Pesantren Ibadurrahman Kampung Sukamaju Kelurahan Air Lintang Kecamatan Kota Muara Enim Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.

Pesantren tersebut berada di bibir tambang perusahaan BUMN bernama PT. Bukit Asam.

Satu setengah tahun yang lalu, atas motivasi dan dorongan sang legenda Ust Suryadi Amirudin selaku pengasuh pesantren tersebut, meski berat Tri Achmadi bersama empat Mahasantri lainnya memilih takdir baru menuju Negara Turki menuntut ilmu di Ankara Yıldırım Beyazıt University Double Degree kota Ankara sekaligus tetap berkuliah jarak jauh di Sekolah Tinggi ekonomi bisnis islam global mulia cikarang.


Apa yang dirasakan Tri bersama empat Mahasantri lainnya sungguh menggetarkan jiwa, mereka harus berpisah dengan orang tua, keluarga dan sahabat serta kampung halaman, dan tak terbayangkan berapa lama dapat bertemu kembali, sebab jarak dan biaya menjadi sebab utama untuk dapat kembali ke negeri tercinta.


Belum lagi mereka harus mengumpulkan dana untuk tiket, tempat tinggal di sana, uang makan setidaknya untuk bertahan di tiga bulan pertama.


Kesulitan kesulitan yang mereka alami di awal berangkat, rupanya telah menjadikan landasan spirit di dada mereka, apa yang telah di pesankan oleh ust Suryadi kepada mereka sungguh di pegang teguh teguh oleh mereka, " tulislah bacaan Al Qur'an di sebuah tisu, maka kalian tidak akan berani menginjaknya, lihatlah kota Mekah dan Madinah yang tandus dan gersang tempat turunnya Al Quran tetapi menjadi kota teramai di dunia...itulah berkah Al Qur'an, kalian adalah para penghafal Kalam Allah, maka di manapun kalian berada berkah Al Qur'an adalah napas kalian " pesan Ust Suryadi.


Benar benar berikti'ar dari pesan sang legenda rupanya telah menghantarkan sosok Tri Acmadi dalam satu setengah tahun di Turki menjadi anak yang di kenal oleh banyak kalangan. 


Dilihat dari postingan fotonya, dirinya sudah banyak bertemu tokoh tokoh dan orang hebat Indonesia yang berkunjung ke Turki, ada Nurul Aripin anggota DPR RI, Fahri Hamzah mantan Wakil Ketua DPR RI, Rohimin mantan Menteri kelautan dan Perikanan, Ahmad Saichu Presiden PKS, terlihat juga Tri sangat akrab dengan Lalu Muhammad Iqbal Duta Besar Indonesia untuk Negara Turki dan masih banyak tokoh tokoh lainnya.

Meski tinggal di Turki Tri Achmani aktif juga bergabung dengan beberapa komunitas dan organisasi di sana di antaranya komunitas Madrasah Fatih, Nusantara Furusiyyesi,  KAMMI dan Organisasi internasional SAYO , IYFO dan Asma kopru.

Bermodalkan hafalan surat dan ayat hasil belajar di Pesatren Ibadurrahman menjadi bekal utama dirinya dapat bergaul dengan imam imam masjid di kota Ankara.

Ramadhan ini sang Anak Desa Tri Acmadi Mahasantri Ibadurrahman tampa di duga duga di amanahi menjadi Imam Sholat Taraweh dan Idul Fitri di Masjid SGB di kota Utrecht Belanda " KK izin, Anak Mudo asli Merinim berangkat ke belando, mohon do'a KK " tuturnya melalui pesan Whats App.

Beberapa minggu sebelumnya wajah Tri Achmadi banyak menghiasan laman berita online, dimana dirinya menjadi MC menemani Ust Abdul Somad dalam acara Do'a Bersama dan pengalangan Donasi untuk korban Gempa Turki, acara tersebut di adakan sepuluh Komunitas dan organisasi di Turki " Serumpun Masyarakat Riau (SEMARI Turki), Majelis Ta'lim Annisa Istanbul, Nusantara Furusiyyesi (NUFUS), Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Istanbul, Ikatan Keluarga Markaz Arabiyah Turki (IKMA Turki), Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM Turki), Madrasah Fatih, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI Turki), Rumeli Education Center dan Indonesia Al-Qur’an Center (IAC Turki).

Mudir' Am pesantren Ibadurrahman Ust Suryadi Amirudin melalui Ust Dodi  menerangkan bahwa saat ini Mahasantri Ibadurrahman yang sedang meniti ilmu di luar negeri sebanyak 15 orang dengan rincian 5 di Turki atas nama Tri Achmadi, Saffana An Najiha, Safitriyani, Athia Amanda, Ahmad Hanif, di sudan dua orang atas nama Kasriansyah, Yayan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama