JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris Uji Coba Supply Gas pada Kilang Mini LNG Pertama di Kalimantan Utara

 

     DutaOnline.co.id

 

Kalimantan Utara – JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) yang merupakan kerja sama operasi antara PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Simenggaris dan PT Medco E&P Simenggaris melakukan commissioning ceremony atau peresmian permulaan tahap uji coba supply gas pada Kilang Mini LNG yang dioperasikan oleh PT Kayan LNG Nusantara di Tanjung Keramat, Desa Tanah Merah Barat, Kecamatan Tana Lia, Kalimantan Utara, Minggu, (30/04/2023). 


General Manager JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris, Djudjuwanto menyampaikan bahwa  peresmian ini merupakan sebuah pencapaian dari tindak lanjut penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas antara JOB Simenggaris, dengan PT Kayan LNG Nusantara pada 20 Mei 2020 lalu. 


“Momen ini telah mengukir salah satu sejarah penting industri minyak dan gas bumi di Indonesia, dimana Kilang Mini LNG ini merupakan kilang mini LNG pertama di Kalimantan Utara dan Indonesia,” ungkap Djudjuwanto.


Menurut Djujuwanto, kilang ini akan memproduksi LNG yang berasal dari gas bumi yang diproduksi oleh JOB Simenggaris dengan perkiraan volume sebesar 22 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).   


“Kilang Mini LNG ini akan mendukung ketahanan energi nasional dan mampu menciptakan multiplier effect bagi perkembangan dan kemajuan perekonomian di Kabupaten Tana Tidung dan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Selain itu, ini akan menjadi pioneer bagi pengembangan lapangan-lapangan gas marjinal yang terletak di remote area di Indonesia,” jelasnya.


Sementara itu, Gubernur Kalimantan Utara Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H, M.Hum yang didampingi oleh Wakil Gubernur Kaltara Dr. Yansen TP menyampaikan rasa syukur atas komitmen dan kerja keras seluruh pihak yang telah terlibat atas selesainya pembangunan kilang LNG mini ini. 

“Saya berharap bahwa masyarakat sekitar dapat merasakan dampak positif dari hadirnya kilang LNG ini, seperti peningkatan di sektor perekonomian dan pendidikan, serta Desa Tana Merah dapat semakin maju dan berkembang,” ujar Zainal.


Direktur Utama PT Kayan LNG Nusantara, Anthony Lesmana menyampaikan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran pembangunan Kilang Mini LNG ini dan harapannya untuk terus mendapat dukungan serta kerja sama dari seluruh pihak untuk kelancaran produksi LNG Kayan sehingga dapat mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. 




*Media Kontak :*

Farah Dewi

Senior Manager Relations

PT Pertamina Hulu Indonesia

081212442815

farah.dewi@pertamina.com/red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama