Kecamatan Lawang Kidul Kirim Kontingen Karnaval Seni Budaya Dengan Alur Cerita "Ayek Hening

Muara Enim dutaonline.co.id Kecamatan Lawang Kidul ikuti sebagai peserta karnaval seni budaya  menampilkan pasukan kerajaan Majapahit, dengan mengambil cerita "Ayek Hening" yang saat ini bernama Tanjung Enim, kegiatan ini masih dalam rangkaian memeriahkan HUT Ke - 77 tahun 2023.


Pelaksanaan karnaval seni dan budaya diselenggarakan hari Kamis tanggal 16 November 2023 yang dibuka Pj. Bupati Muara Enim dengan ditandai bendera start di halaman kantor Bupati Muara Enim Sumatera Selatan. Kamis (16/11/23).


Dalam kegiatan ini, Kecamatan Lawang Kidul mengirim kontingen sebagai Perwakilan dari 3 Kelurahan dan 4 Desa yang tergabung dalam kecamatan Lawang Kidul dengan menampilkan alur cerita "Ayek Hening" yang merupakan asal usul Tanjung Enim.


Dengan mengangkat cerita" Ayek Hening" untuk membuka sejarah dan adat budaya daerah Muara Enim sehingga masyarakat mengetahui adanya sejarah bahwa kerajaan Majapahit pernah berkedudukan di marga Lawang Kidul dengan bukti autentik berupa Prasasti Naskah Kuno Tanduk Kerbau.


Demikian dikatakan Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE, Kp, kontingen dari Kecamatan Lawang Kidul, sangat apresiasi terhadap peserta karnaval dengan membawa duplikat prasasti naskah kuno tanduk kerbau dengan pasukan kerajaan Majapahit yang diumpamakan Gajahmada dan para Adipati yang bersenjatakan gadah dan tombak.


Ditambahkan Andrille Martin "bahwa di kecamatan Lawang Kidul masih ada pemegang prasasti tersebut dari keturunan kerajaan Majapahit pada abad ke 13 yang silam dan benda benda bersejarah masih tersimpan dirumah Panglima Adat "Gusti Sajid Al Akbar, AMd.Kep" di RT. 7; Klawas Dusun IV Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul/ Tanjung Enim,  yang saat ini sedang membangun rumah atau museum nantinya benda bersejarah nanti akan diletakkan dirumah adat tersebut," jelasnya. 


Kegiatan ini di dukung oleh " Sanggar Meribang, Ujang Suhendra," & Kel.Tanjung Enim Selatan, Kel.Pasar Tanjung Enim, Desa Lingga, & Desa Keban Agung, Serta Kowis ( Kota Wisata ) PT.BA Tbk.


Sebagai penggiat seni budaya, Ujang Suhendra sangat mendukung adanya karnaval seni budaya, selain akan menghidupkan kesenian daerah yang semakin tergerus dengan hadirnya budaya yang kadang tidak sesuai dengan budaya timur serta bertolak belakang dengan kebudayaan yang hidup di tengah-tengah masyarakat.


Selain memiliki sanggar seni budaya, juga seni tari daerah, ia juga memiliki talenta dalam menciptakan seni tari daerah yang saat ini mulai menggema ditengah tengah masyarakat yang disukai, apalagi Pemerintah Kabupaten Muara Enim sudah mulai menghargai hasil karya daerah, baik bentuk kesenian maupun pakaian daerah dan menyelenggarakan fashion show setiap peringatan hari hari Nasional. (Editor Dharmawan,SE/Pers M Umar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama