Pemerintah Menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah Jatuh Pada 5 Juni 2019.

,
DUTAONLINE.CO.ID Jakarta Pemerintah menetapkan1 Syawal 1440 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 5 Juni 2019. Hal ini sesuai dengan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak berdasarkan pemantauan hilal di 33 provinsi di Indonesia.

"Bulan Ramadan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Artinya besok Selasa kita masih puasa karena masih Ramadan. Dengan demikian 1 Syawal 1440 jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Auditorium HM Rasyidi, Gedung Kemenag, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Ada 105 titik lokasi pemantauan hilal yang tersebar dari Aceh sampai Papua. Di setiap titik, Kemenag mengutus petugas rukyatul hilal yang bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas.

Menag mengatakan, 33 perukyat dari 33 provinsi menyatakan tidak satupun di antara mereka yang melihat hilal. Posisi hilal juga berada di bawah ufuk dari seluruh wilayah tanah air.

Sidang Isbat Idul Fitri tersebut dihadiri duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hadir pula Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Planetarium.

Sebelum Hari Raya Idul Fitri ditetapkan, peserta mendengarkan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1440 H.

Atas penetapan itu, maka Lebaran 2019 yang ditetapkan pemerintah bersamaan dengan keputusan Muhammadiyah. Sebelumnya, ormas Islam tersebut telah menetapkan 1 Syawal berlangsung pada Rabu 5 Juni 2019.

Dengan begitu, perayaan Hari Raya Idul Fitri berlangsung serentak di Indonesia.

Sumber Berita (Liputan 6/net)

Editor Berita (red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama