Lahan Yang Terbakar Kondisi Lahan Gambut - DutaOnline

Post Top Ad


Lahan Yang Terbakar Kondisi Lahan Gambut

Share This
PALI dutaonline.co.id Senin(15/7-2019) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Sumatera Selatan. Belasan Hektare Lahan Gambut di Desa Prambatan, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terbakar sejak Sabtu (13/7).

Setelah puluhan petugas serta belasan pompa dikerahkan dan berjibaku selama dua hari, api baru dapat dipadamkan Minggu

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, Junaidi Anuar membenarkan sedikitnya sekitar 80 anggota yang terdiri dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD PALI, Koramil Talang Ubi, Polisi dan sejumlah karyawan PT GBS dikerahkan dengan 18 unit mesin pompa. "Alhamdulillah hari ini apinya sudah padam dan kita tetap waspada kalau ada titik lain," ujarnya, Minggu (14/7-2019)

Menurut Junaidi, sedikitnya 20 hektare lahan yang terbakar tapi tempatnya terpisah pisah. Kondisi lahan gambut menjadi penyebab sulitnya api untuk dipadamkan, sebab api merembet hingga ke bawah permukaan lahan.

"Api sempat kita blok, sehingga tidak menyebar. Api tidak bisa kita padamkan dengan cepat karena muncul di lahan gambut. Kita padamkan api sampai malam hari sebelum dilanjutkan hari ini," jelasnya.

Untuk memadamkan api tersebut, kata Junaidi, pihaknya sedikit terbantu, lantaran sumber air yang tidak jauh dari lokasi. Namun, jika masih sulit diatasi maka pihaknya akan meminta bantuan pihak BPBD Provinsi.

"Kita juga belum mengetahui api muncul dari mana dan diakibatkan dari mana itu akan terus diselidiki. Sejauh ini kita fokus pemadaman," ungkapnya(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages