TINGKATKAN EKONOMI PERTANIAN PT PERTAMINA EP ASSET 2 ADERA FIELD GELAR PANEN PERDANA PADI ORGANIK

PALI DO.co.id General Manager PT Pertamina EP Asset 2 Astri Pujianto didampingi Field Manager Pertamina Adera Hermansyah bersama dengan Kepala Dinas Pertanian menggelar panen perdana Padi Organik di lahan cetak sawah Desa Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI, Selasa (3/9-2019).

Astri Pujianto kepada sejumlah media mengatakan bahwa panen perdana padi organik merupakan program CSR dari PT Pertamina EP Asset 2 Adera Field.
"Tercatat ada dua kelompok tani dari dua desa, yaitu Desa Pengabuan dan Desa Pengabuan Timur yang diberdayakan dalam program CSR Padi Organik. Dengan metode Padi Organik, akan mampu menghasilkan hingga  10 Ton per Hektare, namun untuk panen kali ini baru menghasilkan 6 Ton per hektare," kata Astri.

Ia juga menjelaskan bahwa lahan yang digunakan yaitu lahan sawah yang memang sudah ada. "Yang kita berdayakan ada sekitar 1,7 hektare. Ke depan, pihak Pemkab PALI juga akan membantu membangun saluran irigasi air untuk mengantisipasi ketika musim kemarau," tutupnya.

Di tempat yang sama, Bupati PALI yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI, Ahmad Jhoni mengatakan bahwa ke depan, program penanaman padi organik akan disebarluaskan ke seluruh PALI.

"Karena dari segi hasil, kemudian ketangguhan terhadap serangan hama, padi organik lebih banyak hasilnya dan lebih tangguh ketimbang penanaman Padi seperti biasanya," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, penanaman padi organik juga lebih mudah dirawat serta tidak terlalu banyak dalam menyerap air. "Hasil padinya juga lebih bagus, sehingga harga jual padi bisa lebih tinggi," tutupnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung di tengah sawah, tampak GM PT Asset 2 bersama kepala Dinas Pertanian, Camat Abab, dan jajaran direksi Pertamina Asset 2 dan Pertamina Adera, Kapolsek Penukal Abab memanen padi yang sudah menguning.
(wi2n94)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama