Desa Tanjung Kurung Gelar Pemilihan Anggota BPD

PALI Abab dutaonline.co.id
Sebanyak 13 calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengikuti pemilihan langsung yang digelar panitia pemerintah Desa Tanjung Kurung Kecamatan Abab, Kabupaten PALI Sumsel. Dari 13 calon anggota BPD tersebut dimana 7 orang calon dari dapil I  dapil ll dapil lll dapil lV 6 orang calon dan 1 orang dari keterwakilan perempuan.
Pemilihan langsung dilaksanakan dalam satu tahapan. Baik dari perwakilan dusun maupun keterwakilan perempuan pada empat dusun di wilayah setempat dalam satu TPS yang berada di Gedung Olahraga Desa Tanjung Kurung Kecamatan Abab Kabupaten Pali

Turut hadir dalam pemilihan BPD tersebut Kades Tanjung Kurung Taufik para Calon BPD tokoh masyarakat serta para pemilih

Kepala Desa Tanjung Kurung Taufik  menyampaikan, pemilihan langsung dilaksanakan untuk mengedukasi demokrasi kepada warga masyarakat. “Sebelumnya, telah kami sosialisasikan kepada warga tentang pengumuman pendaftaran BPD dan syaratnya,” kata Kades Taufik pada media ini Minggu (1/12-2019

Setelah ada warga yang daftar, lanjutnya, dilakukan penetapan oleh panitia dan disepakati dilaksanakan pemilihan langsung. “Wilayah Desa Tanjung Kurung ada empat dusun sehingga waktu pelaksanaannya digelar dalam satu TPS. Pemilihan langsung Gedung Olahraga Desa Tanjung Kurung paparnya.

Pihaknya mengapresiasi terselenggarannya pemilihan langsung calon anggota BPD di wilayahnya. Menurutnya, para calon tidak diperkenankan melakukan kecurangan dan politik uang.

“Ini demokrasi. Kami tekankan tidak ada politik uang yang dilakukan para calon anggota BPD. Antusias warga cukup bagus, aman dan kondusif,” katanya.

Kades Taufik juga berharap kepada calon anggota DPD yang nantinya terpilih bisa bekerja sesuai dengan tupoksinya dan bisa menyalurkan aspirasi masyarakat serta dapat bersinergi dengan pemerintah desa dalam membangun Desa Tanjung Kurung.kata Kades

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pemilihan anggota BPD Desa Tanjung Kurung ,,Mushan menjelaskan, pemilihan langsung dilaksanakan dalam satu tahapan, baik dari dusun I dusun II dusun lll dusun lV,maupun keterwakilan perempuan dengan jumlah seluruh hak pilih 1082 DPT.

“Kami sudah sepakati bersama, termasuk fasilitas bilik suara, kotak suara dan tinta celup bagi yang sudah mencoblos. Para calon juga diminta hadir hingga pemungutan dan penghitungan suara selesai,” jelasnya.

Lokasi tempat pemungutan suara ditentukan sesuai kesepakatan panitia. Salah satunya dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Tanjung Kurung ini

“Jumlah anggota BPD yang dibutuhkan di Desa Tanjung Kurung sebanyak 7 orang. Terdiri   2 orang di dapil I, 1;orang di dapil II , 1 orang dapil lll,2 orang dapil lV dan 1 orang keterwakilan perempuan,”ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa jumlah hak pilih dari  laki – laki 457 DPT dan jumlah perempuan 625 DPT hak pilih keterwakilan perempuan‘’Pemilihan ini dilaksanakan secara demokrasi dari umur 17 tahun atau sudah menikah,” katanya.

Penentuan itu,  berdasarkan perolehan suara dari hasil pemilihan langsung. Menurutnya, pesta demokrasi itu, dinilai sebagai silaturahmi dan bagian dari ibadah.ungkapnya

Berikut nama calon anggota BPD Desa Tanjung Kurung

Dusun I
Rano Karno
Rosyidin
Elfrans Delta

Dusun ll
Amrullah

Dusun lll
Rohman
Bayuni
Novriansyah

Dusun lV
Ependi
Abdul Rasyid
Sandika F

Keterwakilan Perempuan
Caca Handika
Novi Fauzziyah
Rohnika
(red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama