PTBA Resmikan Gedung Sekolah Taraf Internasional & Pemukiman Bara Lestari I Tahap II

Muara Enim dutaonline.co.id

 Indonesia- Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin dan Bupati Muara Enim H. Juarsah bersama-sama meresmikan gedung sekolah SD & SMP berstandar internasional sekaligus pemukiman Bara Lestari I Tahap II. 

Hadir juga dalam peresmian tersebut Dandim 0404 dan Kapolres Muara Enim.


Gedung SD dan SMP berskala internasional ini merupakan bagian dari rencana pembangunan kawasan pendidikan terpadu Bukit Asam dan wujud komitmen perusahaan untuk terus memajukan pendidikan di Kabupaten Muara Enim.

Pembangunan kawasan pendidikan sebagai bentuk komitmen dalam mengembangkan pendidikan di area sekitar perusahaan khususnya Kabupaten Muara Enim.


Arviyan menuturkan bahwa SD dan SMP yang didirikan PTBA dibangun di lahan seluas 2.132 meter persegi, dengan fasilitas 12 ruang kelas, ruang guru, kantor administrasi, kantin, lapangan basket, dan lapangan voli, dengan nilai Rp. 13,9 miliar melalui program  Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA. 


"Selanjutnya, dalam waktu dekat, PTBA juga akan membangun gedung SMA Bukit Asam dengan Fasilitas lebih lengkap, seperti gedung laboratorium praktek untuk mahasiswa maupun siswa Bukit Asam, gedung diklat, dan gedung penunjang lainnya.,” kata Arviyan, Kamis (14/01/2020).


Dengan adanya gedung SD dan SMP ini, Ia  berharap dapat meningkatkan kualitas SDM yang lebih baik diwilayah sekitar perusahaan terutama ring 1 Kabupaten Muara Enim bisa lebih baik hingga dapat bersaing dengan daerah lainnya. “Semoga dengan adanya sekolah yang bertaraf internasional ini, anak-anak akan lebih percaya diri," ujarnya.



Selain peresmian gedung sekolah, Dirut PTBA dan Bupati Muara Enim ini juga meresmikan Pemukiman Warga Bara Lestari. Kawasan penduduk yang terletak di Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul ini merupakan pembangunan Bara Lestari I tahap II


Arviyan menyampaikan bahwa kawasan Permukiman Perumahan Bara Lestari 1 tahap II terdiri dari 163 unit rumah berada pada lahan seluas 4.892 meter persegi, terdiri dari 50 unit rumah tipe 21 dan 110 unit rumah tipe 34 dengan total nilai mencapai Rp. 17, 49 miliar yang juga bersumber dari dana CSR PTBA.


Dijelaskannya pada kawasan permukiman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial, jaringan air bersih, drainase dan pembangunan jalan. Pembangunan pemukiman ini, kata Arviyan, merupakan wujud komitmen PTBA untuk mensejahterakan dan meningkatkan standar kualitas hidup warga Kabupaten Muara Enim terutama warga yang semula bermukim dikawasan bibir tambang PTBA dan kini telah menjadi Taman Hutan Rakyat (Tahura).


Peresmian kedua tempat ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. 


Usai peresmian,  Dirut PTBA, Bupati Muara Enim beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muara Enim, Tripika Kecamatan Lawang Kidul melakukan penanaman pohon jenis Tabebuya di area sekolah. 


Di hadapan awak media, Arviyan mengatakan PTBA akan terus melakukan program penghijauan di area bekas tambang seperti jenis minyak kayu putih untuk menjaga ekosistem lingkungan perusahaan. 


"Alhamdulillah, Pemerintah selalu mendukung program perusahaan baik pembangunan sarana dan prasarana, program kemitraaan maupun kerjasama dengan dunia usaha untuk kesejahteraan masyarakat disekitar. Kedepan kita punya kenyakinan, dengan program vaksin yg dilakukan pemerintah pusat saat ini dapat segera merambah ke daerah-daerah, hingga pandemi covid 19 ini segera berakhir, kehidupan kembali normal, ekonomi akan tumbuh kembali dengan baik,” pungkasnya.


Sementara itu, Bupati Muara Enim, Juarsah, mengapresiasi kepedulian PTBA dalam membangun dunia pendidikan di Kabupaten Muara Enim dengan membangun gedung sekolah berstandar internasional, serta kepedulian PTBA dalam memberikan hunian yang layak, aman dan nyaman di Permukiman Perumahan Bara Lestari.


Kedepan, ia berharap, kepedulian dan kontribusi PTBA dapat menjadi panutan bagi BUMN, BUMD maupun dunia usaha lain di Kabupaten Muara Enim, bersama bersinergi untuk membangun Bumi Serasan Sekundang ini sejalan (tim berita)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama