KADER DESA, IBU PKK SUKAJAYA KECAMATAN GELUMBANG IKUTI KEGIAYAN STUNTING, - DutaOnline

Post Top Ad


KADER DESA, IBU PKK SUKAJAYA KECAMATAN GELUMBANG IKUTI KEGIAYAN STUNTING,

Share This

MUARA ENINM DUTAONLINE CO. ID-Pemeritah Desa Sukajaya menggelar rembuk stunting di Kantor Kepala Desa Sukajaya Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, pada Jumat (12/11/2021). 
Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2022, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2022 untuk pencegahan dan penanganan stunting.


Rembuk Stunting di Desa Sukajaya ini, dibuka langsung oleh Pj. Kepala Desa Sukajaya, Marzuki S.Sos dan dipimpin oleh tenaga ahli pemberdayaan masarakat dari Dinas PMD Kabupaten Muaraenim, Dede Patimah SP M.Si.


Diikuti oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM), Aparatur Desa, BPD, PD, PLD, kader Posyandu, Kepala PAUD, PKK, Karang Taruna, Ketua RT dan tamu undangan lainnya.


Rembuk stunting ini sifatnya wajib dilaksanakan di setiap desa terutama dalam Kabupaten Muaraenim, karna diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat berdasarkan regulasi.


Dalam sambutannya Dede Patimah SP, M.Si, menyampaikan mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting.


Langkah yang diambil, KPM, Posyandu, PKK, Kader, dan seluruh yang terkait agar saat rapat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) agar mengusulkan sebanyak mungkin usulan, agar masuk dalam RKPDes.


dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak.


Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. pungkas Dede.



LAPORAN ;( ALISAIIN  )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages