Resmi Inagurasi On Stream, PEPC Alas Dara Kemuning Alirkan Produksi*

Kabupaten Blora dutanline.co.id


Lapangan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) Resmi Beroperasi pada Selasa, 28 Desember 2021.  Lapangan yang berlokasi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini memiliki luas area 23,71 Km² yang terdiri dari WK Kemuning dan WK Alas Dara. WK ini diperkirakan akan menambah produksi gas sebesar 3,5 MMSCFD dan akan dialirkan langsung kepada Pertagas Niaga sebagai buyer pada proyek ini. 


Deddy Syam selaku Direktur PEPC ADK menyampaikan bahwa Inagurasi On Stream ADK ini menjadi energi penyemangat ditengah pandemi. “Kami berkomitmen untuk menjaga ketahanan energi nasional melalui kegiatan-kegiatan dalam upaya penambahan cadangan migas, salah satunya dengan on stream-nya lapangan Alas Dara Kemuning ini,” ujar Deddy. Pada kesempatan ini, Deddy juga menjelaskan bahwa di dalam seluruh kegiatan operasinya selalu mengedepankan aspek HSSE. 


Kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh PEPC ADK di Struktur Alasdara dan Kemuning mendapatkan hasil Struktur Kemuning, Sumur NGU – IX. Produksi hidrokarbon diproses lanjut dengan melakukan pemisahan antara gas, kondensat, dan air. Gas hasil pemisahan di separator akan dikirim menuju titik serah gas dan liquid terproduksi diproses lebih lanjut di Stasiun Pengumpul Nglobo. 


Arief Rohman, Bupati Kabupaten Blora dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina atas kerja keras dan kekompokannya dalam memberikan sumbangsihnya terhadap Kabupaten Blora. “Kami mengucapkan selamat atas Inagurasi On Stream lapangan PEPC ADK ini, semoga manfaatnya dapat dirasakan untuk Indonesia dan khususnya untuk Kabupaten Blora,” ujar Arief Rohman. 


Pertamina terus menunjukan komitmennya dalam melakukan pencarian cadangan migas. Selain Inagurasi On Stream PEPC ADK ini, Pertamina terus melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan cadangan dan produksi. Berbagai program dilakukan diantaranya Pengeboran, Kegiatan Pengembangan, Kegiatan Perawatan Sumur serta Kegiatan Operasi lainnya. PEPC ADK yang merupakan bagian dari Regional Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina  terus berupaya menghasilkan energi untuk bangsa Indonesia dan terus berkontribusi untuk mencapai target nasional produksi minyak.**

Editor red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama