DPD HPI JAMBI KEMBALI MEMILIH ABDUL HAVIZ SEBAGAI KETUA 2020 - 2025 - DutaOnline

Post Top Ad


DPD HPI JAMBI KEMBALI MEMILIH ABDUL HAVIZ SEBAGAI KETUA 2020 - 2025

Share This


dutaonline.co.id


Jambi.Barangkali tidak banyak orang yang tahu, kalau HPI itu organisasi apa?. Bagi masyarakat di wilayah Provinsi Jambi, tentunya belum tahu persis, padahal sejumlah daerah di Indonesia, khusus Bali, Jakarta, Surabaya, Lombok, Medan, justru peranan HPi sangat penting sebagai ujung tombak dalam mempromosikan potensi wisata di suatu daerah.


HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) atau lebih di kenal dengan Pemandu Wisata yang dalam bahasa inggrisnya adalah guide. DPP HPI berkantor Pusat di Jakarta dengan memiliki DPD (Dewan Pimpinan Daerah) di setiap Provinsi di Indonesia dan memiliki DPC (Dewan Pimpinan Cabang) di beberapa Kabupaten/Kota di Indonesia.


Untuk Provinsi Jambi sendiri, Pengurus DPC (Dewan Pimpinan Cabang) baru terbentuk di tujuh Kabupaten/Kota dari sebelas Kabupaten/ Kota yang ada di Provinsi Jambi, artinya tinggal empat daerah yang belum memiliki Pengurus. Cabang HPI. Pengurus DPC HPI yang sudah terbentuk meliputi, DPC HPI Kerinci, DPC HPI Kota Sungai Penuh, DPC HPI Merangin, DPC HPI Tebo, DPC HPI Kota Jambi, DPC HPI Tanjab Timur, dan DPC HPI Muaro Jambi. Sementara empat DPC HPI yang belum terbentuk adalah DPC HPI Bungo, DPC HPI Sarolangun, DPC HPI, Batanghari dan DPC HPI Tanjung Jabung Barat.


Oleh karena HPI merupakan organisasi profesi, tentunya Pengurus DPD HPI Provinsi Jambi, diminta kedepannya untuk  melakukan berbagai terobosan dalam memajukan Sektor Pengembangan Industri Pariwisata di wilayah Provinsi Jambi, terutama menyelesaikan pembentukan DPC HPI di daerah yang belum terbentuk. Selain itu DPP HPI menyusun Program kerja tahunan dengan menggandeng  berbagai pihak dan pelaku dunia usaha Pariwisata yang ada di Provinsi Jambi, diantaranya Dinas Pariwisata yang ada di Kabupaten/Kota, ASITA (Asosiasi Travel Agen), PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Seluruh Indonesis)  yang di pasilitasi oleh Dinas Pariwisata Provinsi Jambi.


Menurut keyakinan Arie Suryanto  bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Jambi akan sangat menyambut baik gagasan ini, terutama peran HPI dalam memajukan Industri Pariwisata di wilayah Provinsi Jambi. Disamping itu DPD HPI Jambi, harus mampu melahirkan Pemandu Wisata yang berkualitas, terutama menguasai salah satu bahasa asing, sehingga dengan adanya kualitas pemandu wisata yang di miliki oleh HPI Jambi, di yakini Dunia Pariwisata Jambi dapat bersaing dengan daerah-daerah lainnya. Kuncinya adalah kebersamaan dan komitmen serta dukungan pemerintah provinsi jambi maupun pemerintah Kabupaten/Kota.


Arie Suryanto juga menyampaikan selaku penggiat dan pemerhati pariwisata yang juga ketua DPC HPI Tanjab Timur, sNgat berharap kepada Ketua DPD HPI Jambi, agar menempatkan pengurus DPD diambil dari masing-masing Daerah Kabupaten/Kota, sehingga terbangun komunikasi secara intens tentang program apa yang harus di lakukan.

Semoga sumbang saran ini sangat memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dunia pariwisata di Provinsi Jambi dan Indonesia pada umumnya. (Firdaus Sinrang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages