Walau Diguyur Hujan, Kadis PMD Tetap Sosialisasikan Penekanan Stunting di Kecamatan Keluang - DutaOnline

Post Top Ad


Walau Diguyur Hujan, Kadis PMD Tetap Sosialisasikan Penekanan Stunting di Kecamatan Keluang

Share This

dutaonline.co.id-MUBA - Meski dibawah Cuaca Hujan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Musi Banyuasin tetap melaksanakan Sosialisasi Penekanan Stunting di Seluruh Desa di Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (21/9/2020).


Kali ini, Kepala Dinas PMD kabupaten Musi Banyuasin H Richard Cahyadi AP MSi hadir di kecamatan Keluang, kabupaten Musi Banyuasin. Sosialisasi ini di ikuti oleh 4 desa yaitu desa Mekar Jaya, Karya Maju, Sumber Agung, Cipta Praja.


Antusias seluruh peserta yang hadir ini turut di dampingi juga oleh Camat Keluang Debby Haryanto SSTP MM yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan, sosialisasi yang dilaksanakan ini bertempat digedung TK Al-Furqon desa Sumber Agung (A2) kecamatan Keluang.


Kepala Dinas DPMD Muba H Richard Cahyadi AP MSi mengatakan, berdasarkan Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Pasal 6 Ayat 3 E tentang Prioritas penggunaan dana desa harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa salah satunya berupa Penanggulangan kemiskinan untuk melakukan pencegahan kekurangan gizi kronis (Stunting)  pelatihan Integritas Paud dan Posyandu untuk Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Guna Pencegahan Stunting Dana Desa APBN 2020, yang di ikuti oleh kader-kader posyandu, guru paud, kader PKK, para bidan di setiap desa peserta dalam pelatihan dan sosialisasi Stunting.


" Karena kekurangan asupan gizi dalam waktu lama infeksi berulang dan kurangnya stimulus psikososial," dijelaskan Richard.


Stunting ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak lebih pendek dari anak seusianya, anak stunting akan memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal. Stunting juga menjadikan anak rentan terhadap penyakit dan di masa depan beresiko menurunkan produktivitas.


" Untuk itulah kita harus mencegah dan menekan tumbuhnya Stunting pada anak-anak kita semua," jelasnya.


Informasi yang didapat, 120 desa telah berhasil dilaksanakan sosialisasi Stunting, 69 diantaranya dihadiri langsung oleh Kepala Dinas PMD H Richard Cahyadi AP MSi.


Turut hadir dalam sosialisasi Stunting di 4 desa ini, Kepala Desa Sumber Agung (A2) Tunarto, Kepala Desa Karya Maju (A1) Yas Budaya SH, Kepala Desa Mekar Jaya (A3) Widarlono, Kepala Desa Cipta Praja (A7) Zainuri.(sbg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages