Memainkan Gamelan Pertanda Sedekah Dusun Dimulai - DutaOnline

Post Top Ad


Memainkan Gamelan Pertanda Sedekah Dusun Dimulai

Share This

Muara Enim –Dutaonline co.id Desa Midar, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, menggelar sedekah Dusun pada Minggu 20 Juni 2021.


Kepala Desa Midar M.Irwan mengatakan, kegiatan sedekah dusun ini setiap tahun ruti diadakan di Desa kami yang masih terjaga serta dilestarikan.


“Sedekah dusun merupakan salah satu sedekah adat yang kita lakukan setiap tahun sebagai  salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena hasil pertanian di desa kita meningkatkan setiap tahunnya,” urainya.


“Tahun ini, ya Alhamdulillah selalu meningkatkan hasil panen kami dan desa Kami terhidar dari segala bencana baik itu bencana alam ataupun wabah covid 19 ,berharap mudah mudahan tahun yang akan datang akan lebih baik lagi” pungkasnya.


kegiatan berlangsung dengan lancar walapun sangat sederhana,terlihat beberapa toko masarakat memaikan gamelan yang biasa di sebut masarakat desa midar gong atau canang.


Sementara itu, Ketua adat bapak sahrulhadi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kearifan lokal daerah khususnya midar Kecamatan Gelumbang yang patut di lestarikan dan selalu di jaga supaya kedepanya kita ingat tradisi dari nenek moyang dan selalu bersukur kepada sang pencipta.


acara dihadiri oleh kepala desa midar, bpd,perangkat desa,tokoh masarakat,tokoh agama,pemuka adat dan masarakat desa midar.


laporan...suprik


editor..red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages