Peringati Hari Pramuka ke-60 Saka Kalpataru Sumsel Kunjungi Desa Proklim Binaan PTBA

Muara Enim Dutaonline.co.id

Dalam rangka peringatan ke-60 Hari Pramuka tahun ini, Saka Kalpataru Sumatera Selatan (Sumsel) melaksanakan kunjungan ke Desa Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Tanjung Karangan Kecamatan Tanjung Agung sekaligus mengadakan kegiatan bakti sosial di Desa Proklim yang menjadi Binaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada Minggu (22/8/2021). 

Dalam lawatannya ini, Saka Kalpataru Sumsel bersinergi bersama PTBA, dimana Perusahaan plat merah ini merupakan salah satu dewan pembina dari Saka Kalpataru Sumsel. 


Sekretaris Saka Kalpataru Provinsi Sumsel yang memimpin rombongan, Dela Agusnaini, menerangkan bahwa Saka Kalpataru merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup. 

Kegiatan Saka Kalpataru lebih menekankan pada isu lingkungan secara umum dengan tujuan akhirnya adalah membentuk generasi muda yang ramah lingkungan hidup.


Anggota Saka Kalpataru sendiri merupakan pramuka golongan Penegak dan Pandega (usia 16-25 tahun) yang diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati, disamping keterampilan dan pengetahuan tentang kepramukaan pada umumnya.


Desa Tanjung Karangan menjadi tempat tujuan kegiatan, lanjut Dela, karena desa ini adalah desa proklim, yang sebagaimana diketahui adalah  desa binaan dari CSR PTBA. Di Desa Proklim ini, banyak kegiatan dilakukan meliputi pemberian materi upaya mitigasi, penjelasan tentang desa proklim, penanaman pohon di daerah aliran sungai, serta pembagian masker dan hand sanitizer untuk warga sekitar. 


“PTBA sebagai dewan pembina sangat responsif terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan Saka Kalpataru. Kedepannya kami berharap, tidak hanya  PTBA tetapi untuk seluruh dewan pembina lainnya agar  tetap memberikan dukungan kepada Saka Kalpataru,” pungkasnya. 


Hadir juga, Asmen Bina Lingkungan CSR PTBA, Listati mengapresiasi kepada rombongan Saka Kalpataru atas kunjungannya ke desa proklim binaan CSR PTBA. 


"Kami berharap kunjungan ini dapat memberi manfaat pembelajaran agar generasi muda lebih peka dan peduli terhadap lingkungan," harap Listati. 


Sementara itu, Kepala Dusun Tiga Desa Tanjung Karangan, yang juga Ketua Desa Proklim, Muhamad Jailani menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan ini. 


“Alhamdulillah kami bisa berbagi ilmu kepada Dewan Saka Kalpataru. Kami juga senang melihat antusias mereka mengikuti seluruh kegiatan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PTBA atas bimbingannya sehingga membuat desa kami menjadi desa proklim dan mendapat berbagai penghargaan,” ucap Jailani. 


Jailani berharap kunjungan ini dapat menambah semangat untuk berbuat yang terbaik bagi lingkungan dan masyarakat di dalamnya dan semoga Desa kami kedepannya tidak hanya di bidang proklim, mungkin di bidang sosial atau bidang lainnya yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tanjung Karangan.


laporan...suprik


editor...red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama